Yahoo!

Make Your Domains Yahoo! for Only US$9/yr!

Minggu, 03 Oktober 2010

Malas Tapi Sukses: Bab 1 (Kerja?)

Kau masih muda, kuat dan sehat. Apa yang kau inginkan dengan bekerja?

Jika bekerja memang adalah hal yang baik, lantas mengapa dia juga disebut sebagai biang kejenuhan? Mengapa seorang pekerja menyebutnya sebagai beban? Tempat kerja, pabrik keringat atau pekerjaan yang membosankan dan mengekang? Tidakkah seorang bos sebenarnya adalah mandor para budak? Apakah lingkungan kerja adalah hiruk pikuk dan kesibukan di mana--oh Tuhan--anjing makan anjing?

Mengapa?


Karena bekerja itu menyebalkan. Itulah sebabnya.

Lalu cara apa yang harus ditempuh agar sukses dalam kegiatan yang--ya ampun--disebut kerja ini? Orang-orang seperti Simon Legree* menasihati kita agar "bekerja keras mati-matian dengan sangat tekun dan teliti!"

Kedengaran lebih mirip nasihat sukses dari neraka.

Kita akui saja, bekerja keras banting tulang bukan gambaran kehidupan yang menyenangkan.

Menurut hemat saya, perbedaan utama antara tempat kerja dan kerja paksa adalah di tempat kerja orang melakukan kerja keras secara sukarela.


Buah Manis Kerja yang Masih Perlu Dipertanyakan


Pertanyaan yang muncul dari mulut saya adalah--adakah orang yang berhasil kaya, sehat, dan sempurna hidupnya karena:
  • Bekerja keras mati-matian dengan sangat tekun dan teliti?
  • Bekerja keras kaki di kepala, kepala di kaki?
  • Meludahi tangannya lalu bekerja keras banting tulang?
  • Bekerja keras untuk bos super galak yang berlaku seperti mandor budak?
  • Bekerja memeras keringat?
  • Bekerja di tempat yang membosankan dan mengekang?
Alih-alih mencapai kesuksesan lewat cara-cara di atas, orang malah jadi tidak bahagia, tidak kreatif, tertekan, dan sakit. Lalu, mati muda.

Bekerja adalah hal yang tidak alamiah. Serangan jantung, bisul, sakit kepala, alkoholisme, penyalahgunaan narkoba, keluarga yang tidak harmonis, kemacetan, insomnia, pola makan tidak teratur (mungkin karena begitu sibuk) adalah buah dari kerja.

Lalu apa alternatifnya?

Saya senang anda bertanya.

Alternatifnya adalah menghindari semua pekerjaan, dan sebagai hasilnya, memperoleh hasil yang jauh melampaui apa yang Anda impikan.

Butir-butir pelajaran dalam buku ini akan menunjukkan kepada anda jalan menuju kesuksesan--kekayaan, kesehatan, pencapaian, dan pemenuhan. Pelajaran-pelajaran itu juga akan memperlihatkan kepada anda bahwa menuju kesuksesan bertolak belakang dengan jalan kerja keras.

John F. Kennedy
Ketika John. F Kennedy berkampanye di West Virginia dalam pemilihan presiden, dia berpidato di depan penambang batu bara. Salah seorang dari mereka berseru "Apa yang Anda tahu tentang keadaan kami di sini? Bahkan seumur hidup Anda belum pernah tahu rasanya bekerja sehari suntuk".

"Benar sekali," jawab Senator Kennedy jujur.

"Tidak apa-apa," kata penambang lain, "Anda tidak melewatkan apa pun".






Tidak ada komentar: